Sabtu, 06 Oktober 2018

Ala William Wongso, Inilah Kuliner Legendaris Indonesia Wajib Dicicipi

Berbicara tentang makanan khas Indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Apalagi banyak pilihan tempat yang menghadirkan makanan khas tersebut. Salah satu pakar kuliner William Wongso menuturkan rekomendasinya mengenai tempat kuliner legendaris di berbagai wilayah. Untuk anda yang sudah penasaran, berikut adalah tempat kuliner legendaris Indonesia ala William Wongso,

5 Tempat Kuliner Legendaris Indonesia Rekomendasi Dari William Wongso
1. RM Soto Betawi H Ma’ruf Jakarta
Tempat kuliner legendaris Indonesia pertama adalah Rumah Makan Soto Betawi H Ma’ruf Jakarta. Tempat ini sudah berbisnis sejak tahun 1940. Kata William Wongso, tempat ini merupakan pelopor populernya soto betawi. Banyak masyarakat asli betawi juga masih menjadi pelanggan setia disini.

2. Rujak Shanghai Encim, Jakarta
Rujak Shanghai Encim Jakarta menjadi rekomendasi selanjutnya. Sejak tahun 1950 rumah makan ini menyajikan rujak yang istimewa. Rujak encim berbahan dasar sayur seperti kangkung, lobak dan mentimun segar. Berpadu dengan beberapa ikan laut seperti cumi dan ubur-ubur.

3. Nasi Jamblang Mang Dul, Cirebon
Cirebon terkenal dengan masakan nasi jamblangnya. Anda bisa mencicipinya di Rumah Makan Nasi Jamblang Mang Dul. Berdiri sejak 1968, olahan nasi jamblang disini masih mempertahankan cita rasa aslinya. Menggunakan daun jati sebagai pembungkus membuat aroma dan rasa nasi jamblang semakin nikmat.

4. Gudeg Yu Djum, Yogyakarta
Berdiri sejak 1950an, rumah makan ini menjadi rekomendasi William Wongso berikutnya. Beliau berkata bahwa tempat ini merupakan spesialis gudeg di Kota Jogja. Kini ada banyak cabang Rumah Makan Yu Djum yang bisa ditemui di beberapa sudut Kota Gudeg. Jadi anda tidak perlu repot mencari keberadaannya.

5. Warung Asem-Asem Koh Liem, Semarang
Berdiri sejak 1978, menu-menu andalan di tempat ini masih terjaga resep dan cara pembuatannya. Salah satunya adalah sayur asem berisi belimbing wuluh dan tomat yang segar. Kini rumah makan ini tengah dikelola oleh cucu Koh Liem.

Demikian informasi mengenai tempat kuliner legendaris Indonesia rekomendasi Wiliam Wongso. Beliau berkata bahwa syarat untuk rumah makan legendaris adalah bertahan paling tidak 3 generasi. Bukan hal mudah membangun pamor serta mempertahankan bisnis makanan selama itu. Maka dari itu, kita harus mengapresiasi tempat kuliner Indonesia yang menyajikan kuliner khas Nusantara.