Sabtu, 09 Februari 2019

Cara Memperbanyak ASI dengan Konsumsi 5 Makanan Berikut Ini

Ibu menyusui berkewajiban untuk memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Makanan yang dikonsumsi tentunya harus menunjang produksi ASI Anda untuk buah hati. Cobalah mengonsumsi 5 makanan di bawah ini sebagai cara memperbanyak ASI Anda.

Edamame
Anda mungkin asing dengan nama edamame karena di Indonesia makanan ini lebih dikenal sebagai kedelai Jepang. Edamame ini mengandung asam folat, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, mangan, riboflavin, vitamin C, dan vitamin K. Takaran yang dibutuhkan untuk ibu menyusui sebesar 65 gram setiap harinya.

Bunga Pepaya
Bunga pepaya mengandung enzim yang disebut papain. Enzim tersebut berguna untuk mempercepat proses pencernaan protein. Ketika menyusui, Anda membutuhkan dua kali lipat protein dibandingkan kebutuhan normal, enzim tersebut akan membantu untuk memecah protein. Selain itu, bunga pepaya juga dikenal mengandung vitamin A dan C, fosfor, serta kalium.

Bayam
Bayam yang konsumsi bisa bayam hijau maupun merah. Sayur yang satu ini kaya akan kandungan zat besi, asam folat, thiamin, riboflavin, protein, magnesium, kalsium, fosfor, hingga vitamin C, E, K, dan B6. Mengkonsumsi bayam sendiri mungkin belum terlalu dikenal sebagai cara memperbanyak ASI.

Bayam yang paling baik adalah bayam yang memiliki warna pekat. Kepekatan warna bayam menandakan tingginya kandungan karoten. Karoten berguna untuk melawan radikal bebas. mengkonsumsi bayam bisa Anda jadikan pilihan untuk memperlancar ASI.

Pare
Pare mungkin rasanya pahit namun jika Anda tahu cara memasak yang benar, rasa pahit dari pare akan menghilang. Pare mengandung banyak vitamin c dan antioksidan. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi sel- sel dalam tubuh serta dapat meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.

Pare juga mampu membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain itu, pare juga mengandung fitokimia yang dapat merangsang produksi insulin dalam tubuh. Makanan ini juga berguna sebagai pembasmi cacing usus, antikanker, dan antibiotik antivirus.
Cara memasak pare, Anda bisa menumisnya dengan teri dan potongan cabe jika Anda suka dengan makanan pedas. Jika Anda kurang menyukai makanan pedas, Anda bisa mengolah pare menjadi jus dan minum beserta seratnya.

Pepaya
Fakta ini mungkin belum anda ketahui bahwa pepaya memiliki 33 persen vitamin dan 50 persen kalium lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Kandungan vitamin dalam pepaya meliputi vitamin A dan C. selain itu pepaya juga mengandung kalium dan asam flat yang tinggi.
Kandungan vitamin pada pepaya berguna untuk memenuhi kebutuhan kalium pada masa menyusui. Pepaya juga dikenal sebagai buah rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan natrium.

Itulah 5 pilihan makanan untuk memperbanyak ASI Anda. Sebenarnya masih banyak makanan yang bisa memperbanyak ASI anda. Anda bisa menemukannya dengan membuka situs resmi ORAMI di www.orami.co.id dan temukan pilihan makanan dan cara memperbanyak ASI lainnya.